Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Seo Terbaik Untuk Blogspot

Teknik Seo  Terbaik Untuk Blogspot

Untuk mengaktifkan SEO Blogspot Anda bisa masuk ke dasbor Blogger Anda dan kemudian cari pengaturan. Pada pengaturan bagian bawah, Anda akan menemukan poin yang di perlukan dalam upaya SEO Blogspot Anda. Inilah diantaranya :

  1. Deskripsi meta tag
  2. Pesan 404 halaman khusus
  3. Pengalihan khusus (Arahkan 404 halaman ke halaman mana pun di blog Anda).
  4. Tag header robot kustom
  5. Tag halaman Beranda
  6. Tag arsip dan halaman penelusuran
  7. Tag postingan dan halaman
Anda bisa mengaktifkan poin pengaturan tersebut untuk mendukung kinerja SEO blog 

Teknik seo

Meskipun penggunaan platform ini kurang populer untuk pembangunan blog atau website profesional, namun Anda masih bisa melakukan optimasi menggunakan platform ini. Inilah beberapa teknik SEO Blogspot yang bisa Anda lakukan ketika blogging menggunakan Blogspot.

1. Domain berbayar

Meskipun Anda bisa saja menggunakan domain yang gratis bawaan Blogspor, namun ada keuntungan ketika Anda menggunakan nama domain sendiri. Selain terlihat profesional, domain penting dalam nilai CTR (Click Thugh Rates) di SERP.

Ada beberapa tips dalam memilih nama domain.

  • Menggunakan nama brand. Contoh samsung.com dan sejenisnya.
  • Menggunakan kata kunci yang relevan. Contoh jasasedotwc.com dan sejenisnya.
  • Menunjukkan lokasi. Contoh: lasjogja.com, audiomobiljogja.com dan sejenisnya.
  • Menggunakan domain populer seperti .com, .net. co.id dan sejenisnya.
  • Pilih nama yang mudah diingat dan pendek
  • jangan menggunakan tanda hubung
2. Penggunaan meta tag

Meta tag merupakan alat untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan detail lain dari sebuah URL website. Meta tag disinyalir akan mempercepat kinerja robot untuk merayapi website Anda.pastikan Anda memasukkan kata kunci pada meta tag tersebut.

3. Seting tautan dengan benar

Postingan yang kalian terbitkan sebagai otomatis bakal membangun permalink yang mencocokkan dengan tajuk yang kalian terapkan. tapi hendaknya kalian melaksanakan penyetingan balik url kalian. Url alias permalink amat mempengaruhi dengan SEO. Permalink yang tercipta otomatis kadang tidak tercipta dengan sempurna. kalian sanggup mencocokkan permalink itu di pengaturan yang terdapat di sisi kanan lembar aktivitas. kalau kalian telah melaksanakan posting tulisan, buat mengurus permalinknya kalian mesti merombak postingan sebagai darft terlebih awal berlanjut terkini membetulkan permalinknya.

4. Perhatikan penggunaan kata kunci

Pastikan Anda memasukkan frase kata kunci secara alami, sehingga ketika pembaca membaca artikel website Anda, mereka akan nyaman. Selain itu persebaran kata kunci dan kepadatannya harus Anda perhatikan. Terlalu padat dan terlalu jarang kata kunci, maka tidak bagus untuk optimasi website Anda. Setidaknya berikan sekitar 2% frase kata kunci dari total jumlah kata pada artikel. Berbeda pada CMS WordPress yang bisa memungkinkan menggunakan plugin untuk melakukan pengaturan ini, menggunakan Blogspot mengharuskan Anda melakukannya tanpa alat atau manual.

5. Perhatikan penggunaan label

Kamu tidaak bakal menciptakan menu golongan tengah memanfaatkan Blogspot, akan tetapi kamu sanggup memanfaatkan merek tengah membikin postingan di Blogspot. bertentangan dengan pengkategorian, kamu sanggup memanfaatkan merek dengan lebih lepas. Masukkan sebagian frase merek buat tiap postingan. Ini bakal menolong buat SEO Blogspot kamu.Anda bisa menemukan pengaturan label di sebelah kanan lembar kerja. Meskipun Anda bisa memasukkan label dalam jumlah banyak, namun pastikan Anda memasukkan label yang relevan dengan niche dan kata kunci yang Anda sasar.

6. Optimasi gambar

Menggunakan gambar yang relevan adalah keharusan dalam sebuah artikel blog. Gambar bisa dikatakan sebagai penyedap rasa pada sebuah artikel. Anda harus memperhatikan pemasangan gambar mulai dari penempatan, alt teks sampai pada keterangan gambar. Lebih bagus lagi jika menggunakan infografis.

7. Backlink konten

Ada dua macam jenis backlink yang bisa Anda tanam pada artikel blog Anda. Dua tersebut adalah internal backlink dan eksternal backlink. Link internal berisi tautan yang mengarah pada artikel lain di blog yang sama. Selain berpengaruh pad SEO, link ini bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Yang selanjutnya adalah backlink eksternal. Link ini akan menuju ke website lain. Anda bisa memanfaatkan backlink ini untuk optimasi. Namun Anda harus memperhatikan website lain yang tautannya Anda pasang di artikel Anda. Untuk amannya, Anda bisa menautkan website populer seperti Wikipedia.

Namun terkadang Anda harus memasang link website lain yang tidak diketahui kualitas websitenya. Untuk hal ini Anda bisa memasukkan eksternal link dengan atribut rel=”nofollow”  untuk mencegah mesin telusur merayapi tautan tertentu yang Anda pasang di website Anda. Jika Anda memasang link website yang berkualitas buruk maka nantinya website Anda juga bisa menerima efeknya. Artinya ia akan mengancam posisi website Anda. Karena itulah di buat atribut no follow untuk backlink yang dipasang.


1 comment for "Teknik Seo Terbaik Untuk Blogspot"