Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang dimaksud dengan program afiliasi

Daftar Isi

Apa yang dimaksud afiliasi

Dalam konteks pemasaran, program subsidi adalah salah satu strategi pemasaran dengan skema kerjasama antara pemilik produk dan pihak lain di luar perusahaan yang bersama-sama mengelola pemasaran. Affiliate marketing adalah istilah umum untuk menyebut program tambahan dalam konteks pemasaran.Beberapa orang sering memanfaatkan hal ini untuk mencari uang secara online karena skema kerjanya cukup sederhana.

Apa itu program affiliate marketing

Untuk memahami cara kerja skema ini, Anda harus tahu dulu bahwa ada tiga pihak yang terlibat, yaitu: Merchant, Affiliate, dan Customer. Merchant adalah merek atau perusahaan yang memiliki produk. Afiliasi adalah pihak yang bekerja sama dengan perusahaan dan mengelola pemasaran. Istilah lainnya adalah publisher atau affiliate marketer. Pelanggan adalah orang-orang yang menjadi sasaran pemasaran. Setelah paham pihak-pihak yang terlibat, sekarang kita akan bahas skemanya. Kami akan menyusunnya dalam poin-poin agar Anda mudah memahaminya. Pertama-tama, Anda harus mendaftar terlebih dahulu ke perusahaan yang membuka program imbuhan. Setelah Anda resmi menjadi member, Anda akan mendapatkan “Kode Referral”.

Kode referral adalah kode unik untuk mendeteksi suatu transaksi referensinya dari affiliate marketer yang mana. Maka dari itu, setiap affiliate marketer memiliki kode referral yang berbeda-beda.

Anda sebagai pemasar afiliasi harus menjalankan pemasaran. Anda bisa menggunakan web landing page, blog, media sosial, forum, display ads, dll untuk menjangkau pelanggan. Di setiap pemasaran konten, Anda wajib mengarahkan klik ke kode referral.Jika ada customer yang melakukan “action” tertentu melalui kode referral milik Anda, Anda akan mendapatkan komisi. Jika Anda cukup jago mengelola pemasaran digital, Anda bisa memiliki passive income dari program ini. Cara kerjanya memang terkesan cukup sederhana, tapi praktiknya tidak melarang itu. Pihak Merchant biasanya membuka program ini secara terbuka. Beberapa Merchant bahkan melakukan tipuan khusus pada influencer atau blogger untuk terlibat dalam program ini.

Affiliate komisi besar

Di poin mengenai cara kerja affiliate marketing, kami sudah menjelaskan bahwa komisi akan diberikan jika Customer melakukan “action” tertentu. Nah, tindakan tertentu itu seperti apa? Berikut daftarnya:

  • Best pay per lead affiliate program

Pada skema ini, pihak Merchant akan memberikan komisi untuk setiap aktivitas tertentu misalnya registrasi akun, download file, isi form, subscribe newsletter, dll.

  • Pengertian pay per click

Untuk skema ini, Anda bisa mendapat komisi untuk setiap klik di link refferal. Link referral itu akan mengarahkan Customer ke website Merchant. Merchant biasa memanfaatkan skema ini untuk meningkatkan traffic.

  • Pay per sale

Anda baru bisa mendapat komisi jika Pelanggan melakukan transaksi pembelian. Anda butuh kemampuan copywriting dan cara pendekatan yang tepat supaya Customer bisa benar-benar melakukan transaksi. Setiap perusahaan menerapkan skema pembayaran tertentu. Dengan mengetahui skema pembayarannya, Anda bisa menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat.

Kelebihan affiliate marketing dan kekurangan affilate marketing

Perusahaan/Merchant menjalankan affiliate marketing untuk meningkatkan transaksi. Di sisi lain, affiliate marketer tertarik dengan program ini karena menjanjikan passive income. Selain itu, ada beberapa kelebihan dari program ini yang membuat orang-orang terlibat di dalamnya.

Kelebihan affiliate marketing

Untuk menjalankan program ini, modalnya cukup minim. Anda hanya membutuhkan laptop dan jaringan internet.Untuk website, Anda bisa mengoptimalkan blog gratis ber-hosting gratis. Jika ingin tampak profesional, Anda bisa menggunakan self domain untuk blog di Blogger. Modalnya hanya untuk registrasi domain sedangkan hosting-nya tetap gratis. Anda bisa menggunakan layanan dari Jogjahost untuk registrasi domain. Harganya cukup bersahabat. Jika ingin sekalian membeli hosting, ada banyak paket murah yang tersedia.

Fleksibilitas Kerja

Saat Anda mengikuti program ini, Anda bisa mengerjakannya secara fleksibel. Anda bisa mengerjakannya di mana saja dan kapan saja. Karena fleksibilitas ini juga, Anda bisa mengerjakannya sebagai usaha sampingan. Jadi Anda masih bisa menjalankan pekerjaan tetap dan mengerjakan program ini secara bersamaan.

Tidak Perlu Memiliki Produk

Program ini memiliki skema yang hampir sama dengan sistem dropshipping. Anda bisa memasarkan produk milik orang lain. Anda tidak perlu menyediakan produk sendiri. Karena itu, Anda bisa memasarkan produk apa saja. Anda bahkan bisa mengikuti saja program affiliate marketing dari beberapa Merchant. Perbedaan afiliasi dan dropship terdapat pada kontrol pendapatan. Untuk sistem dropship, Anda memiliki kontrol penuh untuk melakukan mark up harga. Sedangkan program pensiun menggunakan sistem komisi berdasarkan proporsi.

Tidak Perlu Memproses Order

Pada program ini, tugas Anda hanyalah menjalankan pemasaran. Pemrosesan order sepenuhnya jadi tanggung jawab Merchant. Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus mengoptimalkan berbagai strategi pemasaran digital. Tapi Anda perlu sedikit bertindak layaknya customer service. Hal ini untuk mengoptimalkan pendapatan Anda.

Risiko Kecil

Karena tidak ada biaya pendaftaran untuk mengikuti program ini, tidak perlu belanja produk dan modal yang relatif minim, menjalankan program ini tidak akan terlalu berisiko. Affiliate marketing memang menjanjikan keuntungan yang lumayan. Skemanya juga relatif mudah dan minim resiko. Tapi, skema ini juga punya kekurangan.

Kekurangan affiliate marketing

Penghasilan Tidak Stabil

Mudah menjalankannya bukan berarti mudah mendapatkan keuntungan. Pada prakteknya, untuk bisa mendapatkan komisi dari program ini sangatlah susah. Kecuali Anda sudah benar-benar berpengalaman atau jago dalam hal pemasaran digital. Apalagi jika Anda masih newbie. Sudah menjalankan program ini selama berbulan-bulan pun belum tentu bisa mencairkan komisi.

Tidak Memiliki Aset Data Pelanggan

Skema ini memang cocok sebagai permulaan untuk belajar pemasaran digital. Tapi masalahnya, Anda tidak akan memiliki data pelanggan yang benar-benar melakukan transaksi.Semua data pelanggan akan masuk ke sistem Merchant. Padahal dalam pemasaran digital, data pelanggan adalah aset penting.

Persaingan Berat

Influencer sudah semakin banyak beredar di berbagai media sosial. Tak jarang di antara mereka yang juga terlibat dalam program pelengkap. Para influencer ini sudah diuntungkan dengan pengikut yang banyak. Karena itu, mereka akan lebih mudah menjalankan pemasaran afiliasi. Sedangkan Anda, harus keluar usaha lebih banyak dengan potensi penghasilan yang tidak bisa diprediksikan.

Contoh Program Afiliasi Indonesia

Apakah Anda yang tertarik menjadi affiliate marketer? Saat ini sudah banyak program ekstensi Indonesia dengan berbagai produk. Dari sektor marketplace, Anda bisa mendaftar program imbuhan 

  • Shopee,
  • Zalora, 
  • Afiliasi Blibli, 
  • Bukalapak, imbuhan 
  • Lazada, dan program  
  • Tokopedia.

Untuk sektor travel, ada program affiliate marketing dari tiket.com, 

  • Traveloka, 
  • Pegipegi, 
  • Booking.com, dll. 
Perusahaan hosting rata-rata juga memiliki program tambahan, seperti .

Affiliate Marketing:  Cara Alternatif Mencari Uang di Internet

Bisa mendapatkan uang dari internet memang terdengar cukup menggiurkan. Fleksibilitas kerja jadi salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik. Affiliate marketing adalah salah satu cara untuk mencari uang di internet. Program ini bisa memberikan passive income untuk Anda. komisinya antara lain Pay Per Lead (PPL), Pay Per Click (PPC), Pay Per Sell (PPS). Untuk menjalankannya, Anda hanya perlu sebuah blog dan kanal media sosial. Terapkan segala pengetahuan Anda dalam pemasaran digital untuk meningkatkan komisi.

Post a Comment for "Apa yang dimaksud dengan program afiliasi"